Faktor-faktor Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSU Gladish Medical Center Pesawaran
https://doi.org/10.33860/jik.v15i2.495
Keywords:
gender, age, education, occupation, use of insurance, service quality, satisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Gladish Medical Center Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 200 pasien di Ruang Rawat Inap dari bulan April sampai Mei 2021 dengan melibatkan 133 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat, bivariat (chi-square) multivariat (regresi logistik berganda). Studi ini menemukan hubungan antara jenis kelamin (p-value= 0,017; OR:2,41), usia (p-value= 0,000; OR: 7,45), pendidikan (p-value= 0,000; OR: 31,28), pekerjaan (p-value= 0,007; OR:2,75), penggunaan asuransi (p-value=0,014; OR:2,45), Tangible (p-value=0,008; OR:2,62), Realibilitas (p-value=0,004; OR:2,83), Responsiveness (p-value= 0,021; OR: 2,33), Asurance (p-value= 0,009; OR: 1,63), dan Empati (p-value= 0,019; OR: 2,48). Disimpulkan bahwa faktor yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Gladish Medical Center RSU Pesawaran adalah pendidikan
References
Ricketts TC, Goldsmith LJ. Access in health services research: The battle of the frameworks. Nursing Outlook. 2005 Nov 1;53(6):274–80.
Handler A, Issel M, Turnock B. A Conceptual Framework to Measure Performance of the Public Health System. Am J Public Health. 2001 Aug 1;91(8):1235–9.
Levesque J-F, Harris MF, Russell G. Patient-centred access to health care: conceptualising access at the interface of health systems and populations. Int J Equity Health. 2013 Mar 11;12(1):18.
Sodani PR, Kumar RK, Srivastava J, Sharma L. Measuring Patient Satisfaction: A Case Study to Improve Quality of Care at Public Health Facilities. Indian J Community Med. 2010 Jan;35(1):52–6.
Karanja S, Gichuki R, Igunza P, Muhula S, Ofware P, Lesiamon J, et al. Factors influencing deliveries at health facilities in a rural Maasai Community in Magadi sub-County, Kenya. BMC Pregnancy and Childbirth. 2018 Jan 3;18(1):5.
Markey K, Tilki M, Taylor G. Strategies to surmount the potential barriers to providing anti-discriminatory care in Irish healthcare settings. Contemporary Nurse. 2012 Feb 1;40(2):269–76.
Wiig S, Aase K, von Plessen C, Burnett S, Nunes F, Weggelaar AM, et al. Talking about quality: exploring how ‘quality’ is conceptualized in European hospitals and healthcare systems. BMC Health Serv Res. 2014 Oct 11;14(1):478.
Okuyama A, Wagner C, Bijnen B. Speaking up for patient safety by hospital-based health care professionals: a literature review. BMC Health Services Research. 2014 Feb 8;14(1):61.
Husnah RA. Akreditas Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit [Internet]. INA-Rxiv; 2019 [cited 2021 Sep 1]. Available from: https://osf.io/preprints/inarxiv/3sz9f/
Andriani A. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Journal Endurance. 2017;2(1):45–52.
Ningrum DAW. Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Bumiratu Kabupaten Pringsewu Tahun 2016. JURNAL DUNIA KESMAS [Internet]. 2019 [cited 2021 Sep 1];8(1). Available from: http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/37-44
Woro M, Naili F. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis [Internet]. 2013 Mar 29 [cited 2021 Aug 31];2(1). Available from: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/5355
Montol SA. Hubungan Antara Status Demografi Dengan Kepuasan Dalam Pelayanan Pasien Jamkesmas Di Wilayah Kerja Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara [Skripsi]. [Manado]: Universitas Sam Ratulangi; 2014.
Budiman S, Herlina N. Hubungan status demografi dengan kepuasan masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas di wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2010. Jurnal Kesehatan Kartika. 2010;27:1989–2009.
Suharjana. Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. 2012;2(2).
Suprijanto. Pendidikan Orang Dewasa (Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara; 2008.
Hardiwinoto. lmu Kesehatan Masyaraka. Yogyakarta;
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.
Lumempouw VJR, Kundre R, Bataha Y. Hubungan Faktor Sosial Ekonomi Ibu Hamil dengan Keteraturan Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Ranotana Weru Kecamatan Wanea Kota Manado. JURNAL KEPERAWATAN [Internet]. 2016 Nov 3 [cited 2021 Sep 1];4(2). Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/14075
Lupiyoadi R. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat; 2013.
Mernawati D, Zainafree I. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal [Internet]. 2016 [cited 2021 Sep 1];1(1). Available from: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/phpj/article/view/7755
Muninjaya GAA. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2011.
Sunyoto D. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS; 2012.
Sriwiyanti E. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pasien Memilih Untuk Dirawat Di Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar Studi Kasus Di Unit Instalasi Rawat Inap [Tesis]. [Medan]: Universitas Sumatera Utara; 2006.
Wawan A, Dewi. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan. Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.