Faktor-faktor Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSU Gladish Medical Center Pesawaran

https://doi.org/10.33860/jik.v15i2.495

Authors

  • Gladish Pretirose 1Program Pascasarjana Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Universitas Mitra Indonesia
  • Bambang Setiaji Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Mitra Indonesia
  • M. Djakfar Sadik Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Mitra Indonesia

Keywords:

gender, age, education, occupation, use of insurance, service quality, satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Gladish Medical Center Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 200 pasien di Ruang Rawat Inap dari bulan April sampai Mei 2021 dengan melibatkan 133 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat, bivariat (chi-square) multivariat (regresi logistik berganda). Studi ini menemukan hubungan antara jenis kelamin (p-value= 0,017; OR:2,41), usia (p-value= 0,000; OR: 7,45), pendidikan (p-value= 0,000; OR: 31,28), pekerjaan (p-value= 0,007; OR:2,75), penggunaan asuransi (p-value=0,014; OR:2,45), Tangible (p-value=0,008; OR:2,62), Realibilitas (p-value=0,004; OR:2,83), Responsiveness (p-value= 0,021; OR: 2,33), Asurance (p-value= 0,009; OR: 1,63), dan Empati (p-value= 0,019; OR: 2,48). Disimpulkan bahwa faktor yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Gladish Medical Center RSU Pesawaran adalah pendidikan

References

Ricketts TC, Goldsmith LJ. Access in health services research: The battle of the frameworks. Nursing Outlook. 2005 Nov 1;53(6):274–80.

Handler A, Issel M, Turnock B. A Conceptual Framework to Measure Performance of the Public Health System. Am J Public Health. 2001 Aug 1;91(8):1235–9.

Levesque J-F, Harris MF, Russell G. Patient-centred access to health care: conceptualising access at the interface of health systems and populations. Int J Equity Health. 2013 Mar 11;12(1):18.

Sodani PR, Kumar RK, Srivastava J, Sharma L. Measuring Patient Satisfaction: A Case Study to Improve Quality of Care at Public Health Facilities. Indian J Community Med. 2010 Jan;35(1):52–6.

Karanja S, Gichuki R, Igunza P, Muhula S, Ofware P, Lesiamon J, et al. Factors influencing deliveries at health facilities in a rural Maasai Community in Magadi sub-County, Kenya. BMC Pregnancy and Childbirth. 2018 Jan 3;18(1):5.

Markey K, Tilki M, Taylor G. Strategies to surmount the potential barriers to providing anti-discriminatory care in Irish healthcare settings. Contemporary Nurse. 2012 Feb 1;40(2):269–76.

Wiig S, Aase K, von Plessen C, Burnett S, Nunes F, Weggelaar AM, et al. Talking about quality: exploring how ‘quality’ is conceptualized in European hospitals and healthcare systems. BMC Health Serv Res. 2014 Oct 11;14(1):478.

Okuyama A, Wagner C, Bijnen B. Speaking up for patient safety by hospital-based health care professionals: a literature review. BMC Health Services Research. 2014 Feb 8;14(1):61.

Husnah RA. Akreditas Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit [Internet]. INA-Rxiv; 2019 [cited 2021 Sep 1]. Available from: https://osf.io/preprints/inarxiv/3sz9f/

Andriani A. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Journal Endurance. 2017;2(1):45–52.

Ningrum DAW. Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Bumiratu Kabupaten Pringsewu Tahun 2016. JURNAL DUNIA KESMAS [Internet]. 2019 [cited 2021 Sep 1];8(1). Available from: http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/duniakesmas/article/view/37-44

Woro M, Naili F. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis [Internet]. 2013 Mar 29 [cited 2021 Aug 31];2(1). Available from: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/5355

Montol SA. Hubungan Antara Status Demografi Dengan Kepuasan Dalam Pelayanan Pasien Jamkesmas Di Wilayah Kerja Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara [Skripsi]. [Manado]: Universitas Sam Ratulangi; 2014.

Budiman S, Herlina N. Hubungan status demografi dengan kepuasan masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas di wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2010. Jurnal Kesehatan Kartika. 2010;27:1989–2009.

Suharjana. Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. 2012;2(2).

Suprijanto. Pendidikan Orang Dewasa (Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara; 2008.

Hardiwinoto. lmu Kesehatan Masyaraka. Yogyakarta;

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Lumempouw VJR, Kundre R, Bataha Y. Hubungan Faktor Sosial Ekonomi Ibu Hamil dengan Keteraturan Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Ranotana Weru Kecamatan Wanea Kota Manado. JURNAL KEPERAWATAN [Internet]. 2016 Nov 3 [cited 2021 Sep 1];4(2). Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/14075

Lupiyoadi R. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat; 2013.

Mernawati D, Zainafree I. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal [Internet]. 2016 [cited 2021 Sep 1];1(1). Available from: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/phpj/article/view/7755

Muninjaya GAA. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2011.

Sunyoto D. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS; 2012.

Sriwiyanti E. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pasien Memilih Untuk Dirawat Di Rumah Sakit Harapan Pematangsiantar Studi Kasus Di Unit Instalasi Rawat Inap [Tesis]. [Medan]: Universitas Sumatera Utara; 2006.

Wawan A, Dewi. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan. Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2005.

Downloads

Published

2021-09-01

How to Cite

Pretirose, G. ., Setiaji, B. ., & Sadik, M. D. . (2021). Faktor-faktor Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSU Gladish Medical Center Pesawaran. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(2), 202–217. https://doi.org/10.33860/jik.v15i2.495

Issue

Section

Original Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.