Penguatan Peran Bidan dalam Memberikan Konseling Asuhan Kebidanan Berkelanjutan melalui Pelatihan Web Centric Course
https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1236
Keywords:
peran bidan, konseling, Pelatihan RelawanAbstract
One of the competencies that must be possessed by midwives is communication and counseling techniques. Currently, there are still some midwives who have not been able to communicate and counsel properly, so that the health information conveyed cannot be understood and is not implemented by the client. This community service activity aims to provide health education to clients starting from pregnancy, childbirth, to postpartum by the village midwife. The method of this activity includes the preparation, implementation, and evaluation of activities. As many as 25 midwives were given refreshing in the form of counseling training first, before providing direct counseling to 25 people consisting of pregnant women and postpartum mothers. The results of this activity, it was found that midwives had an increase in counseling competence with a mean value before (79.54), and after (87.03), so that after training the village midwives could provide counseling to clients more optimally. Recommendations for this community service activity can be carried out in an integrated and sustainable manner with other teams of health workers in providing counseling to clients.
ABSTRAK
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki bidan adalah teknik komunikasi dan konseling. Saat ini, masih ada sebagian bidan yang belum dapat melakukan komunikasi dan konseling dengan baik, sehingga informasi kesehatan yang disampaikan tidak dapat dimengerti dan tidak dilaksanakan oleh klien. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada klien dimulai sejak kehamilan, persalinan, sampai dengan nifas oleh bidan desa. Metode kegiatan ini, meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Bidan sebanyak 25 orang diberikan refreshing berupa pelatihan konseling terlebih dahulu, sebelum memberikan konseling secara langsung kepada 25 orang yang terdiri dari ibu hamil dan ibu nifas. Hasil kegiatan ini, didapatkan bahwa bidan memiliki peningkatan kompetensi konseling dengan nilai mean sebelum (79,54), dan sesudah (87,03), sehingga setelah pelatihan bidan desa dapat memberikan konseling kepada klien dengan lebih optimal. Rekomendasi untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilakukan secara terintegrasi dan berkesinambungan bersama tim tenaga kesehatan lain dalam memberikan konseling kepada klien.
References
Ake, I., Ramadany, S., Pelupessy, N., & Ahmar, H. (2020). Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Iud Pasca Persalinan Setelah Diberikan Strategi Konseling Berimbang (SKB) Dengan Video Learning. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 30-34. http://dx.doi.org/10.30651/jkm.v5i2.4063.
Ani, M., Astuti, A., Harwijayanti, B. P., & Ristiana, R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Konseling Menyusui Melalui Pelatihan Menggunakan Media Dukesi (Modul Paket Asi). Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 1(1), 36-45. https://doi.org/10.26753/empati.v1i1.483.
Apriliani, P. (2019). Pengaruh Asynchronous Blended Problem Based Learning terhadap Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Kesehatan Indra Husada, 7(2), 62-67. https://doi.org/10.36973/jkih.v7i2.166.
Aryuti, S. (2018). Pelatihan Konseling Gizi Ibu Hamil bagi Bidan Desa sebagai Penguatan Asuhan Kehamilan dalam Mencegah Anemia di Wilayah Puskesmas Jatinangor Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 767-770. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v7i2.19372.
Dafris, S., & Ariestia, M. (2022). Konseling Prenatal: Promosi Kesehatan Melalui Video Untuk Pencegahan Anemia Selama Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Wilayah Padang Selatan. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(2), 77-83. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v2i2.124.
Fazlaini, R. (2020). Pengaruh Penerapan Modul Konseling Nifas terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Konseling Bidan Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(1), 73-82. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i1.205.
Ferina, F., Purwara, B. H., Setiawati, E. P., Susiarno, H., Abdurrahman, M., & Sukandar, H. (2019). Pengembangan Modul Konseling Alat Kontrasepsi dalam Rahim (AKDR) bagi Bidan. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 29(1), 31-38. https://doi.org/10.22435/mpk.v29i1.384.
Handajani, S. R. (2016). Komunikasi dalam Praktik Kebidanan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal. 74-109. http://ebook.poltekkestasikmalaya.ac.id/2020/11/22/komunikasi-dalam-praktik-kebidanan/
Herfanda, E. (2019). Pengaruh Penerapan Modul Konseling Kehamilan Trimester II Terhadap Kepuasan Ibu Hamil. Jurnal BIMTAS: Jurnal Kebidanan Umtas, 3(2), 52-57. https://doi.org/10.35568/bimtas.v3i2.529.
Hidayah, N. (2020). Efektifitas Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pencerahan, 14(1), 10-24. https://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/41
Ihsan, M., Ramadhani, I. A., & Matahari, M. (2019). Pelatihan Penggunaan E-Learning Menggunakan Zoom Cloud Meeting untuk Guru di SMK Muhammadiyah Kab. Sorong. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 2(2), 49-53. https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/478
Irianti, B., Fadly, F., & Nursta’adah, U. (2021). Mendekatkan Pelayanan Bidan Dalam Masa Covid-19 (Konsultasi Online Kebidanan Pada Masa Pandemik). Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1119-1125. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/274
Kementerian Kesehatan R.I. Keputusan Menteri Kesehatan 320 Tahun 2020 Tentang Standar Profesi Bidan. 2020. Available from: https://www.ibi.or.id/id/article_view/D20200724001/kepmenkes-320-tahun-2020-tentang-standar-profesi-bidan.html
Krusitaningsih, A. (2019). Perbedaan Health Education tentang Personal Hygiene Menggunakan Media Video dan Leaflet terhadap Pengetahuan Ibu Postpartum di Rumah Sakit Aura Syifa. Skripsi, Poltekkes Kemenkes Malang, Prodi Kebidanan Kediri. Hal. 5.
Kusyanti, F. (2022). Peran Bidan dalam Pemberian Konseling pada Pelaksanaan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 21(1), 137-145. https://doi.org/10.33633/visikes.v21i1Supp.5473.
Lumbanraja, S. N. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, dan Pelatihan Bidan pada Kualitas Konseling, Informasi dan Edukasi dalam Pelayanan Antenatal. Cermin Dunia Kedokteran, 43(11), 807-810. http://dx.doi.org/10.55175/cdk.v43i11.883
Maryati, I., Marlina, Y., & Ulfah, D. (2021). Media Daring Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemeriksaan Kehamilan di Era New Normal. Media Karya Kesehatan, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.24198/mkk.v4i1.29211
Nortvig, A.-M., Petersen, A. K., & Balle, S. H. (2018). A Literature Review of the Factors Influencing E-Learning and Blended Learning in Relation to Learning Outcome, Student Satisfaction and Engagement. Electronic Journal of E-learning, 16(1), 46-55. https://eric.ed.gov/?id=EJ1175336
Saregar, A., Hadiati, E., Syafe’i, I., & Septiani, R. (2019). Developing Web-Enhanced Course in Basic Electronic Course. Journal of Physics: Conference Series, J. Phys.: Conf. Ser. 1155 012094, Hal. 2-9. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1155/1/012094
Setyorini, R. H., & Sutanto, A. V. (2021). Konseling Kontrasepsi Pada Masa Prenatal Dan Postnatal Terhadap Penggunaan Kontrasepsi Modern: Sistematik Literatur Review. Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science), 9(2), 95-106. https://doi.org/10.36307/jik.v9i2.114
Sholikah, S. M. a., Anggraeni, S., & Rahayu, A. T. (2022). Pelatihan Bidan tentang Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Antenatal Care di Puskesmas Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(1), 134-148. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/5309
Sukmawati, L., & Rahayu, P. P. (2020). Komunikasi dan Konseling Bidan dengan Metode NLP (Neuro-Linguistic Proramming). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, Hal. 198-210. https://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/281
Yanik Purwanti, S. C. (2019). Buku Ajar Mata Kuliah Komunikasi & Konseling dalam Praktik Kebidanan. UMSIDA Press. Hal. 9-53. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/download/978-623-7578-06-2/865/
Yunida, H. (2022). Gambaran Kompetensi Bidan pada Pelatihan Jabatan Fungsional Bidan Ahli di BBPK Ciloto Tahun 2019. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(12), 1597-1604. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/2158
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ari Indra Susanti, Mohammad Ali, Asep Herry Hernawan, Flora Honey Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.