Self Help Group untuk Orang Tua dalam Menumbuhkan Fitrah Seksual pada Anak Usia Dini

https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i3.1008

Authors

Keywords:

anak usia dini, pendidikan seks, self help group

Abstract

The Child Protection Commission noted that 207 children aged 3-17 years experienced sexual violence. Parents play an important role in preventing this by providing sex education from an early age. Delivery of sex education in early childhood requires a strategy. One strategy to be able to communicate with children is to increase knowledge. Therefore, this service aims to increase the knowledge and attitudes of parents in early childhood sex education through counseling and self help groups. Knowledge and attitudes were measured using a questionnaire given before and after the activity and presented in a frequency distribution. Only 40% of participants had ever given sex education to early childhood. The results of the measurement of knowledge before the activity started showed that 70% of participants had good knowledge of sex education and after the activity was carried out, participants who had good knowledge increased to 100%. Before the activity 60% of the participants had a positive attitude towards early childhood sex education and it increased to 90% after the activity. This activity shows that parents must increase their knowledge in order to find the right strategy in providing sex education in accordance with the child's development.

ABSTRAK

Komisi perlindungan anak mencatat 207 anak yang berusia 3-17 tahun mengalami kekerasan seksual. Orang tua berperan penting dalam pencegahan hal tersebut dengan cara memberikan pendidikan seks sejak dini. Penyampaian Pendidikan seks pada anak usia dini memerlukan strategi. Salah satu strategi untuk dapat berkomunikasi dengan anak adalah meningkatkan pengetahuan. Oleh karena itu pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap orang tua dalam pendidikan seks anak usia dini dengan penyuluhan dan self help group. Pengetahuan dan sikap diukur menggunakan kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan dan disajikan dalam distribusi frekuensi. Hanya 40% peserta yang sudah pernah memberikan Pendidikan seks pada anak usia dini. Hasil pengukuran pengetahuan sebelum kegiatan dimulai menunjukkan 70% peserta memiliki pengetahuan yang baik tentang pendidikan seks dan setelah kegiatan dilakukan peserta yang memiliki pengetahuan baik meningkat menjadi 100%. Sebelum kegiatan 60% peserta memiliki sikap positif terhadap Pendidikan seks anak usia dini dan meningkat menjadi 90% setelah kegiatan.  Kegiatan ini menunjukkan bahwa orang tua harus meningkatkan pengetahuannya agar dapat menemukan strategi yang tepat dalam memberikan Pendidikan seks sesuai dengan perkembangan anak.

References

Adyani, K., Machfudloh, M., & Sunarto, S. (2021). An Analysis Of Factors Affecting Parental Behavior In Providing Early Age Sex Education. Jurnal Kebidanan, 11(2), 98–106. https://doi.org/10.31983/jkb.v11i2.6671

Amaliyah, S., & Nuqul, F. L. (2017). Eksplorasi Persepsi Ibu Tentang Pendidikan Seks Untuk Anak. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 157–166. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1758

Ambarwati, R. (2017). Peran Ibu Dalam Penerapan Pendidikan Seksualitas Pada Anak Usia Pra Sekolah (Di Tk Sbi Kroyo, Karangmalang, Sragen). Prosiding Seminar Nasional & Internasional. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/875

Aprilia, A. (2015). Perilaku Ibu Dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini Pada Anak Pra Sekolah (Studi Deskriptif Eksploratif Di TK IT Bina Insani Kota Semarang) (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.14710/jkm.v3i1.11555

Emilia, E. M. N. (2020). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Tentang Peran Orang Tua Murid Dalam Pemberian Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah 1 Cileungsi, Kabupaten Bogor Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Dan Kebidanan (Journal Of Health And Midwifery), 9(1), 1–11. https://smrh.e-journal.id/jkk/article/view/103/63

Esohe, K. P., & Peterinyang, M. (2015). Parents Perception Of The Teaching Of Sexual Education In Secondary Schools In Nigeria. In IJISET-International Journal Of Innovative Science, Engineering & Technology 2(1). http://ijiset.com/vol2/v2s1/ijiset_v2_i1_13.pdf

Evans, R., Widman, L., Kamke, K., & Stewart, J. L. (2020). Gender Differences In Parents’ Communication With Their Adolescent Children About Sexual Risk And Sex-Positive Topics. The Journal Of Sex Research, 57(2), 177–188. https://doi.org/10.1080/00224499.2019.1661345

Falihah, Fatmawati, E., & Istiqomah, A. N. (2018). Persepsi Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 9(2), 45–50. https://doi.org/10.36569/jmm.v9i2.17

Gandeswari, K., Husodo, B. T., & Shaluhiyah, Z. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Orangtua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini Pada Anak Pra Sekolah Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 8(3), 398–405. https://doi.org/10.14710/jkm.v8i3.26427

Gheaus, A. (2018). Children’s Vulnerability And Legitimate Authority Over Children. Journal Of Applied Philosophy, 35, 60–75. https://doi.org/10.1111/japp.12262

Grossman, J. M., Jenkins, L. J., & Richer, A. M. (2018). Parents’ Perspectives On Family Sexuality Communication From Middle School To High School. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 15(1), 107. https://doi.org/10.3390/ijerph15010107

Herawati, N. (2018). Pengetahuan dan Peran Ibu dalam Pengenalan Sistem Reproduksi Sejak Dini Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Wilayah Kerja Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu. Journal Of Nursing And Public Health, 6(1). https://doi.org/10.37676/jnph.v6i1.496

Kementerian Pemberdayaan Perempuan. (2019). Profil Anak Indonesia 2019. Jakarta (ID): KPPA. https://kemenpppa.go.id/lib/uploads/slider/e56dc-15242-profil-anak-indonesia_-2019.pdf

KPAI. (2021, December). 207 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual Sepanjang 2021, Mayoritas Di Boarding School. Republika Online. https://republika.co.id/berita/r4tgb0487/kpai-207-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual-sepanjang-2021-mayoritas-di-boarding-school

Nadar, W. (2018). Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 77–90. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.77-90

Nyarko, K., Adentwi, K. I., Asumeng, M., & Ahulu, L. D. (2014). Parental Attitude Towards Sex Education At The Lower Primary In Ghana. http://ugspace.ug.edu.gh/handle/123456789/27151

Pariera, K. L., & Brody, E. (2018). “Talk More About It”: Emerging Adults’ Attitudes About How And When Parents Should Talk About Sex. Sexuality Research And Social Policy, 15(2), 219–229. https://doi.org/10.1007/s13178-017-0314-9

Purwanti, D. A., Daryanti, M. S., Sundari, S., & Attamimi, A. (2021). Parents’involvement In Sexual And Reproductive Health Education For Children: A Scoping Review. Women, Midwives And Midwifery, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.36749/wmm.1.1.1-14.2021

Putri, A. S. E. (2021). Pengaruh Self Help Group (Shg) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Memperkenalkan Pendidikan Seks Bebas Pada Remaja. Media Husada Journal Of Nursing Science, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33475/mhjns.v1i2.36

Rimawati, E., & Nugraheni, S. (2019). Metode Pendidikan Seks Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13(1), 20–27. http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/download/388/

Salmiyati, S. (2018). Pengaruh Self Help Group Terhadap Pengetahuan Tentang Hipertensi. Jhes (Journal Of Health Studies), 2(1), 72–79. https://ejournal.unisayogya.ac.id/index.php/JHeS/article/view/428

Sarwono, S. Wirawan. (2016). Psikologi Remaja (17th Ed.). Jakarta: Rajawali Pers. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=14960

Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., Fauziah, S., Pratiwi, S. D., Alam, S. P., & Hermayanti, Y. (2022). Intervensi Bagi Orang Tua Dalam Mencegah Kekerasan Seksual Anak Di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201–2214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1914

Vanwesenbeeck, I., Westeneng, J., De Boer, T., Reinders, J., & Van Zorge, R. (2016). Lessons Learned From A Decade Implementing Comprehensive Sexuality Education In Resource Poor Settings: The World Starts With Me, Sex Education. 16(5), 471–486. https://doi.org/10.1080/14681811.2015.1111203

Yafie, E. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research And Education), 4(2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jpaud/article/view/956

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Adyani, K., & Is Susiloningtyas. (2022). Self Help Group untuk Orang Tua dalam Menumbuhkan Fitrah Seksual pada Anak Usia Dini. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 516–526. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i3.1008

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.