Pengembangan Usaha Cafe Herbal di Desa Sentra Kelor Bogo

Herbal Cafe Business Development in Sentra Kelor Village, Bogo

https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i2.913

Authors

  • Karina Citra Rani Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Elsye Tandelilin Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nikmatul Ikhrom Eka Jayani Departemen Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Noviaty Kresna Darmasetiawan Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Johan Sukweenadhi Program Studi Bioteknologi, Fakultas Teknobiologi, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Prayogo Widyastoto Waluyo Program Studi Desain Produk, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Surabaya
  • Ummy Maisarah Rasyidah Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nani Parfati Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

cafe jamu, desa kelor, herbal corner

Abstract

The millennial herbal café could create a taste of Jammu that was acceptable to millennials by processing Jammu using various techniques and combining it with other ingredients that were beneficial for the body. The community service activities carried out were aimed at developing the Café Herbal business, which produces processed millennial herbal products that were liked by customers. The methods chosen as follow-up are training, mentoring, and comparative studies. Evaluation of training and mentoring was seen by using a questionnaire given as a post-test and the success of Partners in producing Millennial herbal preparations. The Ubaya team created an herbal corner and scheduled an herbal corner training including the manufacture of millennial herbal drinks/herbal drinks, quality aspects of herbal drinks, business opportunities, and step-by-step development of herbal corners and comparative studies at Cafés with the millennial herbal concept. From community service activities, a contemporary booth for the herbal corner has been produced, which is equipped with a neon sign box and café tools. The training that has been carried out has an impact on increasing partner knowledge (63% of participants showed good understanding). The increase was shown by several millennial herbal drink menus produced, including “Blue tea milky” (infusion of butterfly pea flowers and milk), “Red ginger milky” (red ginger and milk), and “Green silky milky” (moringa leaf powder and milk).

ABSTRAK

Café jamu milenial mampu menciptakan rasa Jamu yang dapat diterima oleh milenial dengan mengolah Jamu menggunakan berbagai teknik dan dipadukan dengan bahan-bahan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan usaha Café Herbal yang menghasilkan produk olahan jamu milenial yang disukai pelanggan. Metode yang dipilih sebagai tindak lanjut yaitu pelatihan, pendampingan dan studi banding. Evaluasi keberhasilan pelatihan dan pendampingan dilihat dengan menggunakan kuesioner yang diberikan sebagai post test dan keberhasilan Mitra dalam menghasilkan olahan jamu milenial. Tim Ubaya merealisasikan pembuatan herbal corner dan mengagendakan serangkaian pelatihan diantaranya pembuatan minuman herbal/jamu milenial, aspek mutu dari minuman herbal, peluang usaha serta step by step pengembangan herbal corner dan studi banding pada Café dengan konsep jamu milenial. Dari kegiatan pengabdian masyarakat telah dihasilkan booth kekinian untuk herbal corner yang dilengkapi neon box penanda dan alat-alat café. Pelatihan-pelatihan yang telah dilakukan memberikan dampak peningkatan pengetahuan Mitra (63% peserta menunjukkan hasil pemahaman yang baik). Peningkatan ketrampilan ditunjukkan dengan beberapa menu minuman jamu milenial yang dihasilkan diantaranya “Blue tea milkymo” (seduhan bunga telang dan susu), “Red ginger milkymo” (Jahe merah dan susu) dan “Green silky milkymo” (serbuk daun kelor dan susu).

References

Andriati, & Wahjudi, R. M. T. (2016). Tingkat Penerimaan Penggunaan Jamu sebagai Alternatif Penggunaan Obat Modern pada Masyarakat Ekonomi Rendah - Menengah dan Atas. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 29(3), 133–145. https://doi.org/10.20473/mkp.V29I32016.133-145

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Drajat, A. R., Pamungkas, J., Setiawan, H. T., & Hilmi, F. (2020). Pengembangan usaha jamu herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Civitas Ministerium, 4(01), 61–68. Retrieved from https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/civitasministerium/article/view/3462

Effendy, M. N. (2014). Interior Cafe Jamu Tradisional Jawa Di Surabaya. Jurnal Intra, 2(2), 722–730. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/2270/2057

Ekadipta, E., & Arthono, A. (2020). Analisis Prefensi Konsumen Jamu Dalam Kemasan Di Wilayah Jabodetabek. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat “Kesehatan Modern Dan Tradisional”, 96–111. Yogyakarta. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/25889

Gopalakrishnan, L., Doriya, K., & Kumar, D. S. (2016, June). Moringa oleifera: A review on nutritive importance and its medicinal application. Food Science and Human Wellness, Vol. 5, pp. 49–56. Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.fshw.2016.04.001

Hilal Ramadhan, I., Priatama, R., Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Hutabarat, N. C., Supriyana, & Suhartono. (2020). The Effect of Extract Red Gingger ( Zingiber Officinale Var . Rubrum ) on Reducing the Blood Pressure Level among Maternal with Gestasional Hypertension. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 3(4), 479–488. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v3i4. 219

Jamudigital. (2018, September). Inovasi Penyajian Jamu, Membidik Generasi Milenial. Jamudigital.Com, pp. 1–7. Retrieved from https://www.jamudigital.com/berita?id=Inovasi_Penyajian_Jamu,_Membidik_Generasi_Milenial

Khoirunnissa, J. (2021, March). Peluang Bisnis Jamu Lagi ‘Manis’ Saat Pandemi, Segini Modal Usahanya. Detikfinance. Retrieved from https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5476730/peluang-bisnis-jamu-lagi-manis-saat-pandemi-segini-modal-usahanya

Krisnaresanti, A., Dinanti, A., & Naufalin, L. R. (2019). Optimalisasi Kualitas Layanan dan Promosi Pada Cafe Herbal J & J SMK N 1 Purwokerto. Jurnal Abdimas BSI, 2(2), 387–395. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.6217

Kshirsagar, S., Thakur, A. S., & Kshirsagar, J. (2015). Immunomodulatory and antioxidative properties of Clitoria ternatea. International Journal of Plant Sciences, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15740/has/ijps/10.2/158-162

Kusumastuti, M. D. M. (2019). Modifikasi Minuman Jamu Menjadi Es Krim Untuk Meningkatkan Eksistensi Jamu Beras Kencur Dan Kunyit Asam. (2010). https://doi.org/10.31227/osf.io/ruwb4

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Lugra Agusta Pranawa, I. P., & Abiyasa, A. P. (2019). Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4), 58. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i4.2250

Mehwish, H. M., Riaz Rajoka, M. S., Xiong, Y., Zheng, K., Xiao, H., Anjin, T., … He, Z. (2020). Moringa oleifera–A Functional Food and Its Potential Immunomodulatory Effects. Food Reviews International. Bellwether Publishing, Ltd. https://doi.org/10.1080/87559129.2020.1825479

Nuringsih, K. (2013). Pemberdayaan usaha mikro berbasis jamu sebagai bentuk ketahanan ekonomi masyarakat. Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang Dan Tantangan, 17. Jakarta: Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/5084/

Parfati, N., Rani, K. C., & Jayani, N. I. E. (2018). Modul Penyiapan Simplisia Kelor. In Fakultas Farmasi Universitas Surabaya. Surabaya: Fakuktas Farmasi Universitas Surabaya. Retrieved from http://repository.ubaya.ac.id/38510/

Qayyumi, U. P. (2021). Pengaruh Promosi melalui Media Sosial (Instagram, Tik tok dan Youtube) dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli pada Bittersweet by Najla (Universitas Sanata Dharma). Universitas Sanata Dharma. Retrieved from https://repository.usd.ac.id/40398/

Rani, K. C., Parfati, N., Muarofah, D., & Sacharia, S. N. (2020). Formulasi Granul Effervescent Herba Meniran (Phyllanthus niruri L.) dengan Variasi Suspending Agent Xanthan Gum, CMC-Na, dan Kombinasi CMC-Na-Mikrokristalin Selulosa RC- 591. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 7(1), 39. https://doi.org/10.25077/jsfk.7.1.39-51.2020

Sabilah, M. I. (2019). Menyelidiki Dampak Customer Satisfaction Terhadap Word of Mouth Di Kafe Jamu (Universitas Negeri Jakarta). Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30348.56962

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596–2620. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Supu, R. D., Diantini, A., & Levita, J. (2018). Red Ginger (Zingiber officinale var. rubrum): its Chemical Constituents, Pharmacological Activities and Safety. FITOFARMAKA: Jurnal Ilmiah Farmasi, 8(1), 23–29. https://doi.org/10.33751/jf.v8i1.1168

Susilawati, S., & Hikmatulloh, H. (2021). Bisnis Ukm Jamu Raden Sri Rastra Di Masa Pandemi Covid-19. Swabumi, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i1.10133

Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. CCIT Journal, 5(2), 174–185. https://doi.org/10.33050/ccit.v5i2.149

Yosef, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Instagram @OKSIGEN_CAFE sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital (Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang). Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Retrieved from https://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/657?show=full

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rani , K. C., Tandelilin, E. ., Jayani, N. I. E., Darmasetiawan, N. K. ., Sukweenadhi, J. ., Waluyo, P. W. ., … Parfati, N. . (2022). Pengembangan Usaha Cafe Herbal di Desa Sentra Kelor Bogo: Herbal Cafe Business Development in Sentra Kelor Village, Bogo. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 330–341. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i2.913

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.