Promosi Kesehatan dengan Video Interaktif tentang Mencuci Tangan pada Anak Usia Sekolah di SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi
https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1301
Keywords:
pengetahuan, keterampilan, mencuci tangan, video interaktifAbstract
Poor environmental conditions and the lack of good clean and healthy living behavior (PHBS) are suspected to be the cause of the high prevalence of infectious diseases. Various efforts to promote PHBS have been launched by the government to improve people's clean and healthy living behavior. Indonesia is currently facing the problem of the still high transmission rate of COVID-19, so intensive health education efforts should be carried out with various innovations in using IT to improve PHBS, especially washing hands with soap, such as through interactive videos. This activity aims to increase the knowledge and skills of washing hands with soap for school-age children at SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi. The method used is health promotion with interactive videos about hand washing. Based on the results obtained increased knowledge and skills of washing hands with soap in children at SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi Jambi from 25% (pre test) to 100% (post test). It is recommended that you regularly wash your hands with soap after activities outside and before eating.
ABSTRAK
Buruknya kondisi lingkungan serta belum baiknya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat diduga menjadi penyebab masih tingginya penyakit infeksi. Berbagai upaya promosi PHBS telah dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat. Indonesia saat ini menghadapi permasalahan masih tingginya angka penularan COVID-19 maka sudah seharusnya dilakukan upaya edukasi kesehatan yang intensif dengan berbagai inovasi penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan PHBS terutama mencuci tangan pakai sabun seperti melalui video interaktif. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mencuci tangan pakai sabun pada anak usia sekolah di SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi. Metode yang digunakan adalah promosi kesehatan dengan video interaktif tentang mencuci tangan. Berdasarkan hasil diperoleh peningkatan pengetahuan tentang mencuci tangan pakai sabun dari 25% (pre test) menjadi 100% (post test) dan keterampilan mencuci tangan pakai sabun pada anak SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi Jambi dari 25% (pre test) menjadi 100% (post test). Disarankan anak SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi selalu mencuci tangan pakai sabun setelah beraktifitas di luar maupun sebelum makan.
References
Ansori. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Animasi Handwashing Dance terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan Anak. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Antari, I., Riandani, S. D., & Siwi, I. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Dan Leaflet Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Dalam Pencegahan Diare. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(01), 27–34. https://jurnalmadanimedika.ac.id/index.php/JMM/article/view/95
Aulia, F., Mirawati, M., & Sari, B. P. (2021). Video Edukasi Atraktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Cuci Tangan. Jurnal SMART Kebidanan, 8(1), 78. https://doi.org/10.34310/sjkb.v8i1.443
Firmansah, D., & Firdaus, D. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Tema 3 Kelas III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 159–172. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13130
Wulandari, A. I., & Subadi, T. (2019). Pengembangan Media Video Kerusakan Lingkungan Pada Materi Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam di MTs Negeri 6 Boyolali (Doctoral dissertation, Univer). http://eprints.ums.ac.id/70511/
Friskarini, K., & Sundari, T. R. (2020). Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun (Tantangan Dan Peluang) Sebagai Upaya Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 21–34. https://doi.org/10.22435/jek.v19i1.3058
Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489
Hanafi, O., Sari, S. M., & Hamid, A. (2019). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Keterampilan Cuci Tangan Pada Anak Kelas Iv Dan V Di Sdn 179 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 171-181. https://doi.org/10.31258/jni.9.2.171-181
Handayani, S., Fiza, Z. N., & Surleni, I. N. (2022). Perbedaan Efektivitas Metode Demonstrasi dan Pemutaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa SDN 043/XI Koto Renah. Jurnal Sehat Mandiri, 17(1), 37–47. https://doi.org/10.33761/jsm.v17i1.458
Herwanti, B., Febriani, C. A., & Sari, F. E. (2022). Pengaruh edukasi metode bernyanyi dan video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan dengan benar pada siswa-siswi taman kanak -kanak. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(4), 647–654. https://doi.org/10.33024/hjk.v15i4.5768
Johan, H., Reni, D. P., & Noorbaya, S. (2018). Pengaruh Penyuluhan Media Audio Visual Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn 027 Samarinda. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 4(6), 352. https://doi.org/10.35963/hmjk.v4i6.138
Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/ccount/click.php?id=19
Kurniawidjaja, L. M., Erwandi, D., & Pujiriani, I. (2013). Promosi Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Berpola Hidup Sehat pada Kelompok Senam. Kesmas: National Public Health Journal, 7(9), 426. https://doi.org/10.21109/kesmas.v7i9.16
Mawaddatin, & Festy, P. (2015). Pengaruh Imaginative Pretend Play dengan Media Video Animasi: Pengetahuan dan Sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. The Sun, 2(1), 38–46. http://fik.um-surabaya.ac.id/sites/default/files/Artikel%206_0.pdf
Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197
Rafika, R., Alang, H., & Hartini, H. (2020). Edukasi Cuci Tangan dan Pemeriksaan Telur Cacing Pada Kuku Tangan Siswa SD Inpres Pampang 1 Makassar. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.33860/pjpm.v1i1.71
Razi, P. E. V. L. (2022). Pengembangan Video Interaktif untuk Meningkatkan Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Vokasi Kesehatan, 2(2), 126–131. https://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/JVK/article/view/872
Rizal, M. T. S., & Dewi, T. K. (2020). Pengaruh Video Tutorial Hand Hygiene Terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa SDN Cisengkol. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(2), 209–218. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jkki/article/view/2579
Rizky, M., Putri, R. S., Khairunisa, N., & ... (2021). Penyuluhan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Untuk Mencegah Virus Covid-19. … Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/11168
Sari, W., Setiadi, T., (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual terhadap Tingkat Kepatuhan Cuci Tangan pada Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Halim 1 Kecamatan Makasar Tahun 2018. IJONHS 4(1), 23. https://www.esaunggul.ac.id/pengaruh-pendidikan-kesehatan-menggunakan-media-audio-visual-terhadap-tingkat-kepatuhan-cuci-tangan-pada-anak-usia-prasekolah-di-kelurahan-halim-1-kecamatan-makasar-tahun-2018/
Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393
Suseno, M. R., Fitri Hamidiyanti, B. Y., & Ayu Ningsih, W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dan Alat Peraga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Pada Masa Menstruasi Dalam Layanan Homecare. Jurnal Kebidanan, 10(2), 59–69. https://doi.org/10.35890/jkdh.v10i2.216
Wijanarko, H., Rusijono, ., & Bachri, B. S. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi & Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan X-DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 09. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4953
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pahrur Razi, Ary Irfan, Surayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License
You are free to:
- Share, copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.