Promosi Kesehatan dengan Video Interaktif tentang Mencuci Tangan pada Anak Usia Sekolah di SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi

https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1301

Authors

Keywords:

pengetahuan, keterampilan, mencuci tangan, video interaktif

Abstract

Poor environmental conditions and the lack of good clean and healthy living behavior (PHBS) are suspected to be the cause of the high prevalence of infectious diseases. Various efforts to promote PHBS have been launched by the government to improve people's clean and healthy living behavior. Indonesia is currently facing the problem of the still high transmission rate of COVID-19, so intensive health education efforts should be carried out with various innovations in using IT to improve PHBS, especially washing hands with soap, such as through interactive videos. This activity aims to increase the knowledge and skills of washing hands with soap for school-age children at SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi. The method used is health promotion with interactive videos about hand washing. Based on the results obtained increased knowledge and skills of washing hands with soap in children at SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi Jambi from 25% (pre test) to 100% (post test). It is recommended that you regularly wash your hands with soap after activities outside and before eating.

ABSTRAK

Buruknya kondisi lingkungan serta belum baiknya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat diduga menjadi penyebab masih tingginya penyakit infeksi. Berbagai upaya promosi PHBS telah dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat. Indonesia saat ini menghadapi permasalahan masih tingginya angka penularan COVID-19 maka sudah seharusnya dilakukan upaya edukasi kesehatan yang intensif dengan berbagai inovasi penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan PHBS terutama mencuci tangan pakai sabun seperti melalui video interaktif. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mencuci tangan pakai sabun pada anak usia sekolah di SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi. Metode yang digunakan adalah promosi kesehatan dengan video interaktif tentang mencuci tangan. Berdasarkan hasil diperoleh peningkatan pengetahuan tentang mencuci tangan pakai sabun dari 25% (pre test) menjadi 100% (post test) dan keterampilan mencuci tangan pakai sabun pada anak SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi Jambi dari 25% (pre test) menjadi 100% (post test). Disarankan anak SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi selalu mencuci tangan pakai sabun setelah beraktifitas di luar maupun sebelum makan.

References

Ansori. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Animasi Handwashing Dance terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan Anak. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Antari, I., Riandani, S. D., & Siwi, I. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Dan Leaflet Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Dalam Pencegahan Diare. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(01), 27–34. https://jurnalmadanimedika.ac.id/index.php/JMM/article/view/95

Aulia, F., Mirawati, M., & Sari, B. P. (2021). Video Edukasi Atraktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Cuci Tangan. Jurnal SMART Kebidanan, 8(1), 78. https://doi.org/10.34310/sjkb.v8i1.443

Firmansah, D., & Firdaus, D. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Tema 3 Kelas III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 159–172. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13130

Wulandari, A. I., & Subadi, T. (2019). Pengembangan Media Video Kerusakan Lingkungan Pada Materi Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam di MTs Negeri 6 Boyolali (Doctoral dissertation, Univer). http://eprints.ums.ac.id/70511/

Friskarini, K., & Sundari, T. R. (2020). Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun (Tantangan Dan Peluang) Sebagai Upaya Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 21–34. https://doi.org/10.22435/jek.v19i1.3058

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489

Hanafi, O., Sari, S. M., & Hamid, A. (2019). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Keterampilan Cuci Tangan Pada Anak Kelas Iv Dan V Di Sdn 179 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 171-181. https://doi.org/10.31258/jni.9.2.171-181

Handayani, S., Fiza, Z. N., & Surleni, I. N. (2022). Perbedaan Efektivitas Metode Demonstrasi dan Pemutaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa SDN 043/XI Koto Renah. Jurnal Sehat Mandiri, 17(1), 37–47. https://doi.org/10.33761/jsm.v17i1.458

Herwanti, B., Febriani, C. A., & Sari, F. E. (2022). Pengaruh edukasi metode bernyanyi dan video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan dengan benar pada siswa-siswi taman kanak -kanak. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(4), 647–654. https://doi.org/10.33024/hjk.v15i4.5768

Johan, H., Reni, D. P., & Noorbaya, S. (2018). Pengaruh Penyuluhan Media Audio Visual Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn 027 Samarinda. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 4(6), 352. https://doi.org/10.35963/hmjk.v4i6.138

Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/ccount/click.php?id=19

Kurniawidjaja, L. M., Erwandi, D., & Pujiriani, I. (2013). Promosi Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Berpola Hidup Sehat pada Kelompok Senam. Kesmas: National Public Health Journal, 7(9), 426. https://doi.org/10.21109/kesmas.v7i9.16

Mawaddatin, & Festy, P. (2015). Pengaruh Imaginative Pretend Play dengan Media Video Animasi: Pengetahuan dan Sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. The Sun, 2(1), 38–46. http://fik.um-surabaya.ac.id/sites/default/files/Artikel%206_0.pdf

Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197

Rafika, R., Alang, H., & Hartini, H. (2020). Edukasi Cuci Tangan dan Pemeriksaan Telur Cacing Pada Kuku Tangan Siswa SD Inpres Pampang 1 Makassar. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.33860/pjpm.v1i1.71

Razi, P. E. V. L. (2022). Pengembangan Video Interaktif untuk Meningkatkan Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Vokasi Kesehatan, 2(2), 126–131. https://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/JVK/article/view/872

Rizal, M. T. S., & Dewi, T. K. (2020). Pengaruh Video Tutorial Hand Hygiene Terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa SDN Cisengkol. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(2), 209–218. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jkki/article/view/2579

Rizky, M., Putri, R. S., Khairunisa, N., & ... (2021). Penyuluhan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Untuk Mencegah Virus Covid-19. … Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/11168

Sari, W., Setiadi, T., (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual terhadap Tingkat Kepatuhan Cuci Tangan pada Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Halim 1 Kecamatan Makasar Tahun 2018. IJONHS 4(1), 23. https://www.esaunggul.ac.id/pengaruh-pendidikan-kesehatan-menggunakan-media-audio-visual-terhadap-tingkat-kepatuhan-cuci-tangan-pada-anak-usia-prasekolah-di-kelurahan-halim-1-kecamatan-makasar-tahun-2018/

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Suseno, M. R., Fitri Hamidiyanti, B. Y., & Ayu Ningsih, W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dan Alat Peraga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Pada Masa Menstruasi Dalam Layanan Homecare. Jurnal Kebidanan, 10(2), 59–69. https://doi.org/10.35890/jkdh.v10i2.216

Wijanarko, H., Rusijono, ., & Bachri, B. S. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi & Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan X-DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 09. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4953

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Razi, P., Irfan, A. ., & Surayah, S. (2022). Promosi Kesehatan dengan Video Interaktif tentang Mencuci Tangan pada Anak Usia Sekolah di SDN 30/IX Kab. Muaro Jambi. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 740–746. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1301

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.